Kamis, 20 Desember 2012

Penyu Raksasa

Penyu Raksasa Sambangi Rumah Imum Mukim
Selasa, 18 Desember 2012 15:56 WIB



 


penyu.jpg
Penyu yang masuk ke rumah imam mukim Kuala Baru

Laporan Dede Rosadi | Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Warga Kecamatan Kuala Baru Kabupaten Aceh Singkil, dihebohkan dengan masuknya penyu raksasa ke tengah pemukiman. Penyu dengan panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter itu, menyambangi rumah Imam Mukim Kuala Baru Mahmuddin.

Penyu Belimbing itu, diketahui warga di pekarangan rumah imam mukim, yang berjarak sekitar 200 meter dari laut menjelang shalat subuh. Sontak, warga yang sebagian besar masih tertidur lelap terbangun, mendengar penyu raksasa 'parkir' di depan rumah sesepuh kampung. Hingga menjadi tontonan masyarakat tua muda hingga anak-anak.

"Pertama kali diketahui menjelang subuh oleh tetangga. Lalu memberitahu saya dan warga lain," kata Imam Mukim Kuala Baru Mahmuddin, Selasa (18/12/2012) yang dihubungi Serambinews.com, dari Singkil ibukota Aceh Singkil.

Menjelang siang, tokoh kampung sepakat mengembalikan sang penyu ke laut. Terlebih dahulu dilakukan peusijuk dengan menabur beras kuning. Saat belasan pria mencoba menarik penyu ke laut, penyu itu tak bisa terangkat.

Warga yang sudah kelehan akhirnya menemukan trik jitu menggiring penyu kembali ke habitatnya. Trik itu, berupa menggelitik ekor penyu. Setiap digelitik penyu mau bergerak, kenadati memerlukan waktu berjam-jam hingga sampai ke tepi laut yang berjarak hanya 200 meter.

"Ditarik oleh 10 orang lebih tidak terangkat, akhirnya digelitiki ekornya mau berjalan digiring ke laut. Begitu berhenti digelitik lagi, sejam lebih sampai juga," ujar Imam Mukim.

Menurut Mahmuddin, warga Kuala Baru sudah sering melihat penyu di besisir pantai. Tetapi penyu masuk ke pemukiman untuk pertama kalinya.

Editor : arif
 
Source : http://aceh.tribunnews.com/2012/12/18/penyu-raksasa-sambangi-rumah-imum-mukim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar